Pengertian Islam

بسم الله الرحمن الرحيم

Kata Islam, berasala dari kata “as la ma – yus li mu – Is la man” artinya, tunduk, patuh, menyerahkan diri. Kata Islam terambil dari kata dasar sa la ma atau sa li ma yang artinya selamat, sejahtera, tidak cacat, tidak tercela. Dari akar kata sa la ma itu juga terbentuk kata salmon, silmun artinya damai patuh dan menyerahkan diri. Sedangkan kata agama, menurut bahasa Al-Qur’an banyak digunakan kata din, istilah yang lain juga digunakan oleh Al-Qur’an misalnya millah, shalat.

Din dalam bahasa Smit berarti Undang-undang atau hokum. Dalam Al-Qur’an kata din mempunyai arti yang berbeda-beda :

1.   Din berarti “agama” dalam surat Al-Fath 28 disebutkan :

“Dialah yang mengutus rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang hak agar di menangkan-Nya terhadap semua agama, Dan cukuplah Allah sebagai saksi”

2.   Din berarti “ibadah” surat Al-Mukminun : 14.

“Maka sembahlah Allah dengan memurnikan ibadah kepada-Nya meskipun orang-orang kafir tidak menyukainya.

3.   Din berarti “kekuatan” surat Luqman : 32

“Dan apabila mereka dilamun ombak yang besar seperti gunung mereka menyeru Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya”

4.   Din berarti pembalasan hari Qiamat. (Surat Asy-Syuara : 82)

“Dan yang amat kuinginkan akan mengampuni kesalahanku pada hari Qiamat”

Islam adalah nama yang di berikan oleh Allah sendiri, dibeberapa ayat Al-Qur’an menyebutkan :

“Sesungguhnya agama disisi Allah hanyalah Islam” (QS.Ali Imran : 19)

“Barang siapa yang mencari agama selain Allah, tidak akan diterima dari padanya dan dia di akhirat termasuk orang yang merugi.” (QS. Ali Imran : 85)

“Pada hari ini telah Kusempurnakan bagimu agamamu dan telah Kucukupkan kepadamu nikmatKu, dan telah Kuridhai Islam itu sebagai agamamu.” (QS. Al-Maidah : 3)

Islam adalah agama sepanjang sejarah manusia, ajaran dari seluruh nabi dan rasulnya yang pernah di utus oleh Allah SWT pada bangsa-bangsa dan kelompok-kelompok manusia. Islam agama bagi Adam a.s, Nabi Ibrahim, Nabi Yakub, Nabi Musa, Nabi Daud, Nabi Sulaiman dan Nabi Isa a.s.

Islam sebagai agama Nabi Ibrahim dan manusia sebelumnya. Firman Allah Swt :

“Dan Dia tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan, ikutlah agama tuanmu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu.” (QS. Al-Hajj : 78)

“Nabi Ibrahim telah berwasiat kepada anak-anaknya, demikian pula Nabi Yakub, Ibrahim berkata : Sesungguhnya Allah telah memilih agama Islam ini sebagai agamamu. Sebab itu janganlah kamu mati melainkan dalam memeluk agama Islam”. (QS. Al-Baqarah : 132)

Kemudian pengakuan Nabi Yusuf (putra Nabi Yakub) dalam sebuah do’anya :

“Ya Tuhanku, Sesungguhnya Engkau telah menganugerahkan kepadaku sebagian kerajaan dan mengajarkan kepadaku sebagian tabir mimpi. Tuhanku pencipta langit dan bumi. Engkau pelindungku di dunia dan akhirat, wafatkanlah aku dalam keadaan “Islam” dan gabungkanlah aku dengan orang-orang shalih” (QS. Yusuf : 101)

Mengenai Nabi Sulaiman, Allah berfirman :

“Berkata ia (Bulqis) : Wahai pembesar, sesungguhnya telah dijatuhkan kepadaku sebuah surat yang berharga. Sesungguhnya surat itu dari Sulaiman dan sesungguhnya isinya : Dengan (menyebut) nama Allah yang Maha Pemurah Lagi Maha Penyayang (selanjutnya isi surat itu berbunyi) janganlah kamu sekalian berlaku sombong terhadapku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri (masuk Islam).” (QS. An-Naml : 29-31)

Islam juga agama Nabi Isa a.s. seperti dalam firman Allah :

“Maka ketika Nabi Isa mengetau keingkaran dari mereka (Bani Israil) berkata ia : Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku untuk menegakkan agama Allah (Islam)? Para Hawariyin (sahabat-sahabat setia) menjawab : Kami penolong-penolong agama Allah, kami beriman kepada Allah dan saksikanlah bahwa sesungguhnya kami adalah orang-orang muslim”. (QS. Ali Imran : 52)

Islam sebelum di utus Muhammad Saw bersifat local, yakni hanya untuk kepentingan suku, bangsa dan daerah-daerah tertentu saja serta terbatas pula periodenya. Ketika Islam dating kepangkuan risalah Muhammad SAW. Islam menjadi agama universal atas berbagai suku dan golongan di muka bumi dan akan disampaikan kepada manusia akhir zaman. Kepada Islamlah manusia diperintahkan Allah untuk berkiblat dalam satu komando, yaitu :

لا اله الا الله محمد رسول الله

“Tiada Tuhan selain Allah, Muhammad (Nabi terakhir) utusan Allah”

~ by suke on September 1, 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: